Rabu, 17 Oktober 2018

Cuaca




APA YANG DIMAKSUD DENGAN CUACA?
Cuaca adalah nilai total dari peubah-ubah fisik atmosfer yang berlangsung dalam keadaan sesaat (instantaneous) yang terjadi pada tempat tertentu. Cuaca terbentuk dari gabungan unsur cuaca dan jangka waktu bisa hanya beberapa jam saja, misalnya : pagi hari, siang hari atau sore hari, dan keadaannya bisa berbeda-beda untuk setiap jamnya. Di Indonesia keadaan cuaca selalu di umumkan untuk jangka waktu sekitar 24 jam melalui prakiraan cuaca hasil analisis Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Departemen Perhubungan. 


 UNSUR-UNSUR CUACA WEATHER FACTORS:
1. Penerimaan radiasi dan lama penyinaran surya.
2. Suhu udara dan tanah 
3. Kelembaban udaradan tanah
4. Tekanan udara
5. Angin
6. Awan
7. Presipitasi
8. Evaporasi

 METEOROLOGI
Apa yang dimaksud Meteorologi?
Meteorologi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan dari atmosfer mempunyai kaitan secara fisik, dinamik dan menyangkut status kimia atmosfer dan interaksi antara atmosfer bumi dengan permukaan bumi. Meteorologi lebih menekankan pada proses terjadinya cuaca misalnya: terjadinya suhu ekstrim, hujan lebat, kelembaban rendah, penguapan tinggi.


PENGUKURAN NILAI CUACA
  • Nilai unsur-unsur cuaca saat demi saat selama 24 jam di tempat tertentu akan menunjukkan pola siklus disebut perubahan cuaca diurnal (pukul 00.00-24.00)
  • Nilai tiap unsur cuaca tersebut dapat dirata-ratakan dan menghasilkan cuaca pada tanggal tersebut. 
  • Pernyataan cuaca kualitatif: istilah masyarakat awam. Misalkan: pada saat ini radiasi surya terik, suhu udara tinggi, kelembaban rendah, langit cerah dst 
  • Pengukuran nilai cuaca sangat rumit meliputi interaksi
    diantara weather factors dengan faktor pengendalinya.
  • Pengukuran nilai cuaca dilakukan dengan menggunakan model-model matematika tingkat tinggi.
  •  Pendugaan unsur-unsur cuaca dalam model matematika tersebut atau penerapannya dipengaruhi oleh;
    * keadaan masa lalu
    * kondisi yang sedang berlangsung
    * prediksi masa yang akan datang
 MANFAAT CUACA
Manfaat cuaca antara lain:
1.Bidang Pertanian
Suhu, curah hujan, dan pola musim sangat berpengaruh terhadap usaha pertanian. Indonesia merupakan salah satu negara yang beriklim tropis, maka sangat cocok sekali untuk usaha pertanian, karena udaranya yang panas dan mendapatkan curah hujan sepanjang tahun.
2. Bidang Perhubungan / Transportasi
Faktor cuaca, curah hujan, dan kecepatan angin sangat menentukan dalam dunia perhubungan, terutama untuk kelancaran sarana transportasi pesawat terbang dan kapal laut. Penerbangan di daerah yang beriklim tropis biasanya tidak senyaman penerbangan di daerah iklim sedang, karena di daerah beriklim tropis udara selalu lembap banyak ditutupi oleh awan sehingga penerbangan sering terganggu.
3. Bidang Pariwisata
Indonesia yang beriklim tropis memiliki beraneka ragam flora dan auna. Keanekaragaman tersebut banyak mengundang wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang ingin menikmatinya.
 
4. Bidang Industri
Pada industri tradisional banyak yang masih bergantung pada kondisi cuaca. Industri itu umumnya yang membutuhkan panas Matahari, antara lain industri genteng, batu bata, dan kerupuk. Cuaca juga mempengaruhi aktivitas penduduk sehari-hari.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar